Mata Rantai Komunikasi dalam Usaha Kerupuk Melinjo di Beureunuen

Mirna Sari, 411307029 (2018) Mata Rantai Komunikasi dalam Usaha Kerupuk Melinjo di Beureunuen. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahsa Tentang Komunikasi Bisnis]
Preview
Text (Membahsa Tentang Komunikasi Bisnis)
Skripsi Mirna Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mata Rantai Komunikasi dalam Usaha Kerupuk Melinjo di Pasar Beureunuen”. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimana jalannya proses komunikasi bisnis kerupuk melinjo di Pasar Beureunuen. (2) Bagaimana strategi komunikasi bisnis pelaku usaha kerupuk melinjo dalam mengembangkan usahanya. (3) Apa saja faktor pendukung atau penghambat yang dihadapi oleh pengusaha kerupuk melinjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jalannya mata rantai komunikasi bisnis kerupuk melinjo di Pasar Beureunuen, dan untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis pelaku usaha kerupuk melinjo dalam mengembangkan usahanya, serta untuk mengetahui faktor pendukung atau penghambat yang dihadapi oleh pengusaha kerupuk melinjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti terlebih dahulu mengobservasi kegiatan pengusaha dalam memproduksi kerupuk melinjo dan kemudian mewawancarai beberapa pengusaha yang memiliki bisnis kerupuk melinjo. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu menggunakan beberapa macam komunikasi di antaranya komunikasi secara langsung, komunikasi tersebut dilakukan pada saat proses produksi hingga sampai ke penjual. Sedangkan dalam strategi penjualan, pengusaha kerupuk melinjo menggunakan komunikasi tidak langsung dengan konsumen dari luar daerah, komunikasi yang terjadi melalui telpon untuk mengirimkan pesanan dari konsumen, kalau untuk menjalin komunikasi dengan konsumen yang berasal dari daerah, pengusaha kerupuk melinjo menggunakan komunikasi langsung, komunikasi persuasif serta komunikasi nonverbal. Adapun hambatan yang terjadi dalam penjualan kerupuk melinjo di pengaruhi oleh kondisi Pasar seperti kurangnya stok kerupuk yang dibawa oleh pemasok, kurangnya kualitas kerupuk melinjo, dan modal. Sementara itu, faktor pendukungnya adalah komunikasi yang baik secara terus-menerus selalu diterapkan oleh pengusaha bisnis sehingga usaha tersebut terus berjalan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing: 1.Fajri Chairawati, S. Pd.I, M. A 2.Asmaunizar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Bisnis, Pengusaha.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mirna Sari
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:17
Last Modified: 08 Feb 2018 09:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item
View Item