Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak di MTsN 4 Aceh Barat Daya

Siti Ajar, 180207043 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak di MTsN 4 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of membahas tentang model pembelajaran] Text (membahas tentang model pembelajaran)
Siti Ajar, 180207043, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh kurangnya aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurang bervariasinya penggunaan model dan media pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan model pembelajaran dan media yang sesuai dengan pembelajaran yaitu model pembelajaran make a match dan media video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar dan respon peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model make a match dan media video pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experiment dengan desain one group pre-test pos-test. Populasi dalam penelitian ini ialah kelas VIII sebanyak 93 peserta didik, sampel yang diambil yaitu kelas VIII D yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa menggunakan tes dan respon siswa menggunakan lembar angket. Analisis data aktivitas belajar siswa dan respon menggunakan rumus persentase, analisis hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama (80%) dan pertemuan kedua (84%) dengan kategori sangat aktif, hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata pre-test 30,25, post-test 79, Gain 48,75 dan N-gain 0,69 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel (27,86 >1,729) dan respon peserta didik dengan kategori positif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model make a match dan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Ajar Siti
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:29
Last Modified: 12 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24616

Actions (login required)

View Item
View Item