Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Memecahkan Soal Fisika Pada Materi Bunyi Berdasarkan Proses Berpikir Vincent Ryan Ruggiero

Rahma Maulani, 180204013 (2022) Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Memecahkan Soal Fisika Pada Materi Bunyi Berdasarkan Proses Berpikir Vincent Ryan Ruggiero. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Memecahkan Soal] Text (Memecahkan Soal)
Rahma Maulani, 180204013, FTK, PFS, 082260609332.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran guru dan peserta didik mengalami banyak kendala, salah satunya yaitu dalam memecahkan soal fisika. Pada saat peserta didik memecahkan soal peserta didik mengalami proses berpikir yang beragam serta menghasilkan berbagai macam pikiran. Kesulitan yang dialami peserta didik yaitu saat menentukan rumus yang digunakan serta pemecahan masalah yang tidak sesuai dengan yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir dan kesulitan yang dialami peserta didik dalam memecahkan soal fisika berdasarkan proses berpikir Vincent Ryan Ruggiero. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi 25 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan soal tes dan wawancara. sedangkan teknik analisis data digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa peserta didik memiliki proses berpikir yang bervariasi dalam memecahkan soal fisika. Peserta didik yang memiliki tipe proses berpikir konseptual mengalami kesulitan dalam mengubah rumus dan melakukan perhitungan. Sementara peserta didik yang memiliki proses berpikir semikonseptual mengalami kesulitan menentukan rumus serta langkah-langkah memecahkan soal yang akan digunakan berbeda jauh dari yang telah dipelajari. Sedangkan untuk proses berpikir komputasional mengalami kesulitan yang dihadapi berupa kesalahan dalam memahami soal, menggunakan rumus, serta langkah-langkah yang digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahma Maulani Rahma
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:41
Last Modified: 12 Dec 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item
View Item