Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Darul Ihsan)

Ilfa Gustina, 180202122 (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Darul Ihsan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Darul Ihsan)] Text (Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Darul Ihsan))
Ilfa Gustina, 180202122, FTK, PBA, 082366973950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peneliti mengamati observasi di Sekolah Menengah Darul Ihsan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran kalam yang tidak menggunakan metode khusus, melainkan hanya menghafal teksnya saja. Metode Role Playing merupakan salah satu metode yang memudahkan siswa dalam mempelajari keterampilan berbicara. Adapun tujuan yang paling kecil dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara, untuk mengetahui tingginya kemampuan keterampilan berbicara siswa pada kelas kontrol dan untuk mengetahui tingginya kemampuan berbicara siswa pada keterampilan kalam di kelas eksperimen. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan desain kelompok kontrol dengan pre-test dan post-test dari desain eksperimen nyata. Peneliti memilih sampel secara acak yaitu tiga puluh siswa di kelas dua dan mereka dibagi menjadi dua kelompok acak. Peneliti menguji hasil tes menggunakan Independent sample t-test. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Role Playing meningkat. Adapun hasil penelitian dari analisis uji-t menunjuki bahwa Ha diterima dan Ho ditolak (0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ilfa Gustina
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:44
Last Modified: 12 Dec 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item
View Item