Keanekaragaman Jenis Aves Di Hutan Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Siti Zuhra, 180207118 (2022) Keanekaragaman Jenis Aves Di Hutan Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Aves Di Hutan Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Keanekaragaman Jenis Aves Di Hutan Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Siti Zuhra, 180207118, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan praktikum keanekaragaman jenis aves belum terlaksana secara efisien dikarenakan keterbatasan waktu dan masih terbatasnya referensi tentang keanekaragaman jenis aves, dan minimnya data tentang keanekaragaman jenis aves sehingga perlu dilakukan penelitian yang dapat memperluas referensi mata kuliah Ekologi Hewan. Penelitian keanekaragaman jenis aves dilakukan di Hutan Kota Banda Aceh bertujuan untuk mengidentifikasi jenis aves di Hutan Kota Banda Aceh, mengamati tingkat keanekaragaman jenis aves yang terdapat di Hutan Kota Banda Aceh dan menganalisis hasil uji kelayakan terhadapt output yang dihasilkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode survey eksploratif dengan melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Penelitian dilakukan di 7 taman yaitu taman hutan kota BNI Tibang, Taman Putroe Phang, Taman Sari, Taman Trembesi Pelanggahan, Taman POM, Taman Krueng Neng, Taman Simpang Tiga. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 20 spesies burung dari 11 famili dengan total keseluruhan 804 individu. Indeks keanekaragaman aves di Hutan Kota Banda Aceh diperoleh hasil keseluruhan dengan indeks Ĥ = 2,6283 tergolong kategori sedang. Bentuk hasil penelitian keanekaragaman jenis aves di Hutan Kota Banda Aceh dalam bentuk buku saku yang memperoleh persentase kelayakan materi 82,5% dan kelayakan media 83,3% yang termasuk kategori sangat layak sebagai bacaan. Maka dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman jenis aves di Hutan Kota BAndsa Aceh tergolong sedang dengan Ĥ = 2,6283 dan bentuk hasil penelitian buku saku memperoleh hasil persentase kelayakan yang tergolong sangat layak di jadikan sebagai bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Zuhra Siti
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:48
Last Modified: 12 Dec 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24623

Actions (login required)

View Item
View Item