Analisis Kemampuan Membaca Bacaan Gharib Dalam Al-Qur’an Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Banda Aceh

Raihani Maulina, 180201013 (2022) Analisis Kemampuan Membaca Bacaan Gharib Dalam Al-Qur’an Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Membaca Bacaan Gharib Dalam  Al-Qur’an Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Banda Aceh] Text (Analisis Kemampuan Membaca Bacaan Gharib Dalam Al-Qur’an Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Banda Aceh)
Raihani, 180201013, FTK, PAI, 082362379393.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Membaca Al-Quran harus berpedoman pada aturan dalam ilmu tajwid, karena di dalamnya terdapat berbagai keunikan dalam cara membacanya, seperti adanya bacaan-bacaan gharib (aneh), huruf muqaththa’ah, musykilat, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah tidak semua orang yang lancar membaca Al-Quran dapat mengenali bacaan unik ini kecuali telah mempelajarinya lebih dulu dengan bertalaqqi kepada orang-orang yang menguasai ilmu tajwid. Karena kenyataannya bukan hanya kesulitan mengenali bacaan asing, namun juga tidak sedikit peserta didik lulusan madrasah yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Padahal, pembelajaran di Madrasah Aliyah merupakan lanjutan dari strata pendidikan dasar (Ibtidaiyah) dan menengah (Tsanawiyah). Idealnya siswa Madrasah Aliyah sudah bisa membaca Al-Qur’an dan menguasai kaedah-kaedah dalam ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI MAN 1 Banda Aceh dalam membaca bacaan gharib, kesulitan yang dialami, serta faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui proses wawancara, tes, dan observasi. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif evaluatif dan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden yang diberi tes lisan, hanya 1 orang yang dapat membaca semua jenis bacaan gharib dengan sempurna. Bacaan imalah merupakan jenis bacaan gharib yang lebih familiar bagi siswa dan ibdal merupakan jenis bacaan yang asing. Kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan pada pengucapan lafadz yang benar (pada bacaan imalah dan tashil) dan sulit mendemonstrasikan isyarat bacaan (pada bacaan isymam). Faktor yang mempengaruhi siswa kesulitan membaca bacaan gharib adalah latar belakang sekolah siswa sebelumnya, materi bacaan gharib yang diajarkan guru hanya sebatas teori tanpa praktik, dan tidak adanya program khusus qiraat Al-Quran di MAN 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raihani Maulina
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:14
Last Modified: 12 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item
View Item