Respon Petani Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Di Kabupaten Aceh Tengah

Fanny Novisyamira, 170503032 (2022) Respon Petani Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Di Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Respon Petani Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Di Kabupaten Aceh Tengah] Text (Respon Petani Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Di Kabupaten Aceh Tengah)
Fanny Novisyahmira, 170503032, FAH, IP, 082290104100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Respon Petani Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling di Kabupaten Aceh Tengah”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon petani terhadap layanan perpustakaan yang disediakan oleh perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri 5 orang petani Desa Atu Lintang Kecamatan Batu Lintang, dan 5 orang petani Desa Berawang Gading Kecamatan Celala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat respon kedua masyarakat desa sangat berbeda minat baca Desa atu Lintang Kecamatan Batu Lintang lebih tinggi dibanding Desa Berawang Gading Kecamatan Celala, masyarakat desa khususnya petani juga belum memiliki keinginan untuk mengakses layanan perpustakaan keliling dan Dinas Pepustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah. Hal ini dapat penulis lihat dari hasil wawancara masyarakat desa Atu Lintang Kecamatan Batu Lintang sangat antusias dalam melihat koleksi dan mendengarkan arahan dari pustakawan, sedangkan pada desa Berawang Gading Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah tingkat antusias terhadap koleksi masih rendah dan kurangnya dalam memperhatikan arahan dari pustakawan, yang menjadi kendala masyarakat tersebut tingkat minat bacanya masih rendah dikarenakan oleh aktifitas yang padat sehingga untuk berkunjung tidak sempat. Padahal sebenarnya masyarakat desa khususnya petani sangat membutuhkan layanan perpustakaan keliling guna untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fanny Novisyamira
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:18
Last Modified: 12 Dec 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24632

Actions (login required)

View Item
View Item