Penerapan Teknik Modeling Melalui Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di MTsN 4 Aceh Besar

Siti Sarah, 180213080 (2022) Penerapan Teknik Modeling Melalui Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di MTsN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Teknik Modeling Melalui Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di MTsN 4 Aceh Besar] Text (Penerapan Teknik Modeling Melalui Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di MTsN 4 Aceh Besar)
Siti Sarah, 180213080, FTK, BK, 082276071465.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Moral adalah sifat yang terdapat pada diri individu dalam tindakan yang memiliki nilai positif dan negatif yang dilakukan oleh manusia. Namun yang terjadi di MTsN 4 Aceh Besar ada beberapa siswa yang memiliki moral tidak baik di lingkungan sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan moralitas siswa dengan penerapan teknik modeling melalui bimbingan kelompok di MTSN 4 Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk One Group Pre-Post Test dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar yang berjumlah 210 siswa dan sampel penelitian pada kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 8 siswa melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur moralitas siswa. Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji t terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik modeling melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan moralitas siswa kelas Eksperimen. juga dibuktikan dengan hasil uji paired samples test yang dimana hasil t-hitung > t-tabel (11.084>1.761). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis (Ha) diterima sedangkan Ho ditolak. Apabila demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan moralitas siswa dengan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Sarah
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:35
Last Modified: 13 Dec 2022 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24637

Actions (login required)

View Item
View Item