Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di SMA Negeri 1 Teupah Tengah

Sinta Riani, 160201121 (2022) Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di SMA Negeri 1 Teupah Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di SMA Negeri 1 Teupah Tengah] Text (Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di SMA Negeri 1 Teupah Tengah)
Sinta Riani, 160201121, FTK, PAI, 085361429164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tutor Sebaya (Peer Tutoring) merupakan bagian dari cooperative learning atau belajar bersama dalam model ini siswa yang kurang mampu dibantu belajar oleh teman-teman sendiri yang lebih mampu dalam suatu kelompok bentuknya adalah satu tutor membimbing satu teman , atau satu tutor membimbing beberapa teman dalam kelompok dari banyak pengalaman model Peer Tutoring lebih jelas daripada tutor oleh gurunya karena situasi siswa dengan tutornya lebih dekat, sedangkan dengan guru agak jauh. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan kemampuan Tutor Sebaya (Peer Tutoring)di kelas X SMA Negeri 1 Teupah Tengah. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen Penulis menggunakan true experimental design , jenis desain yang digunakan yakni control Group pre- test- post-test. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas IIS 1 sebagai kelas Kontrol, masing-masing kelas terdapat 22 siswa. Hasil dari penelitian ini bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Teupah Tengah dengan pembelajaran dengan menggunakan model tutor sebaya siswa akan lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, memperoleh pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, serta pemahaman konsep siswa menjadi lebih kuat dan bertahan lama. Dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = (25 + 21 – 2)= 44 maka dari distribusi t dengan cara interpolasi diperoleh t0,95(44) = 1,68. Karena thitung (6,85)> ttabel(1,68), maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sinta Riani Sinta
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:08
Last Modified: 13 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item
View Item