Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh

Harmaini, 191003002 (2022) Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh] Text (Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran PAI di Kota Banda Aceh)
Harmaini, 191003002, PS, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Salah satunya bidang studi Pendidikan Agama Islam, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI pada sekolah yang menerapkan model pendidikan inklusi yang dilaksanakan di lima SDN Kota Banda Aceh. Populasi penelitian, diterapkan secara total populasi yaitu semua Sekolah Inklusi yang dijadikan tempat penelitian. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dilaksanakan bulan November-Desember 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima SDN Banda Aceh dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menerapkan model kelas reguler full inclusion dan model kelas reguler pull out. Faktor pendukung penerapan pendidikan inklusi pada lima SDN Banda Aceh adalah adanya dukungan penuh dari kepala sekolah, dan adanya keikut sertaan guru dalam pelatihan-pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan kota Banda Aceh maupun dari instansi lain. Adapun yang menjadi hambatan dalam penerapan pendidikan inklusi pada SDN Banda Aceh antara lain: (1) masih terbatasnya fasilitas sekolah yang mendukung penerapan inklusi; (2) belum ada tenaga ahli terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harmaini Harmaini
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:31
Last Modified: 13 Dec 2022 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item
View Item