Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam)

Mutiasari, 150701068 (2022) Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam)] Text (Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran Di Banda Aceh (Pendekatan Arsitektur Islam))
Mutiasari, 150701068, FST, SA, 08537319711.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Menghafal Al-Quran memiliki keistimewa dan keutamaan yang telah dijelaskan dalam Al-Quran dan hadist. Salah satu keutamaan menghafal Al-Quran adalah Al-Quran akan menjadi penolong di akhirat kelak. Dewasa ini banyak sekali yang ingin menghafal Al-Quran terbukti dengan banyaknya kegiatan atau program tahfidz pada masjid-masjid di sekitaran Banda Aceh, juga banyaknya pesantren atau sekolah yang berbasis tahfidz. Pesanten atau sekolah-sekolah yang berbasis tahfidz di Banda Aceh umumnya memiliki pendidikan sampai jenjang SMA. Oleh karena itu, banyak para penghafal Al-Quran berhenti sampai jenjang SMA, karena tidak adanya pendidikan tinggi yang berbasis tahfidz Al-Quran. Padahal mengahfal Al-Quran bukanlah tugas yang mudah, butuh konsentrasi dan butuh waktu serta tempat yang nyaman untuk menghafal Al-Quran. Perguruan tinggi yang berbasis tahfidz ini dibutuhkan di Banda Aceh karena setiap tahun lulusan sekolah tahfidz selalu meningkat. Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al- Quran di Banda Aceh ini bertujuan untuk mewadahi para penghafal Al-Quran yang ingin melanjutkan pendidikan tahfidz ke jenjang perguruan tinggi, sehingga nantinya melahirkan generasi para penghafal Al-Quran di Banda Aceh seperti yang di harapkan oleh program wali kota Banda Aceh untuk mencetak generasi Qurani di Banda Aceh. Perancangan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran ini mengunakan pendekatan tema Arsitektur Islam. Penggunaan tema Arsitektur Islam dikarenakan Banda Aceh merupakan kawasan mayoritas masyarakat muslim dan terkenal dengan kota syariat islam, sehinga nilai-nilai budaya masyarakat muslim sangat kental. Oleh karena itu, Perancangan ini menjadi sarana bagi para penghafal Al-Quran untuk menghadirkan fasilitas dan suasana yang mendukung proses menghafal Al-Quran serta dapat mengekspresikan wajah Aristektur Islam di Kota Banda Aceh melalui penerapan nilai-nilai islam yang terkandung didalam Al-Quran dan Hadist pada Bangunan Sekolah Tinggi Tahfidz Al-Quran di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Mutiasari Mutiasari
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:06
Last Modified: 14 Dec 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24664

Actions (login required)

View Item
View Item