Pemanfaatan Koleksi Local Content Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Balai Bahasa Provinsi Aceh

Rahmatul Hijri, 180503042 (2022) Pemanfaatan Koleksi Local Content Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Balai Bahasa Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pemanfaatan Koleksi Local Content Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Balai Bahasa Provinsi Aceh] Text (Pemanfaatan Koleksi Local Content Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Balai Bahasa Provinsi Aceh)
Rahmatul Hijri, 180503042, FAH, IP, 082261862103.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah Pemanfaatan Koleksi Local Content Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Balai Bahasa Provinsi Aceh. Koleksi local content merupakan sumber pengetahuan yang dihasilkan oleh suatu lembaga atau institusi atau perusahaan. Local content meliputi koleksi lokal. Koleksi lokal meliputi bahan pustaka tentang suatu topik yang sifatnya lokal. Sumber-sumber local content berasal dari sumber khas dan unik yang merefleksikan nilai sosial, ekonomi, politik dan budaya yang dihasilkan masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi local content terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat studi lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian skripsi ini dapat dijelaskan bahwa koleksi local content di Balai Bahasa Provinsi Aceh terdiri dari laporan penelitian, skripsi dan koleksi/buku keacehan baik itu tentang sejarah, budaya, bahasa, adat istiadat. Koleksi local content yang sering dimanfaatkan oleh pemustaka yaitu laporan penelitian dan skripsi untuk dijadikan referensi tugas kuliah dan referensi skripsi dan tesis. Pemanfaatan koleksi merupakan suatu proses yang dilakukan oleh pemustaka dalam memanfaatkan informasi yang terdapat pada bahan pustaka yang menyangkut dengan kebutuhan informasi baginya. Pemanfaatan koleksi yang ada di perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Aceh dapat dikategorikan dalam dua bagian. Pertama, pemanfaatan di luar perpustakaan, pemanfaatan ini adalah peminjaman koleksi perpustakaan, koleksi dibawa keluar perpustakaan dan terjadi transaksi peminjaman atau sirkulasi. Kedua, pemanfaatan didalam perpustakaan, pemanfaatan koleksi di dalam perpustakaan adalah pemustaka memanfaatkan koleksi didalam perpustakaan tanpa terjadi transaksi peminjaman. Koleksi local ontent dimanfaatkan sebagai bahan pendukung dalam memenuhi kebutuhan informasi. Pemustaka memanfaatkan koleksi local content untuk dijadikan referensi tugas perkuliahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rahmatul Hijri Iji
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:18
Last Modified: 14 Dec 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item
View Item