Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP Muhammadiyah Gunung Meriah

Sri Agustina, 180207048 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP Muhammadiyah Gunung Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP Muhammadiyah Gunung Meriah] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP Muhammadiyah Gunung Meriah)
Sri Agustina, 180207048, FTK, PBL (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pewarisan sifat. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Gunung Meriah, sedangkan sampel penelitian adalah kelas IXa yang berjumlah 24 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan observasi dan hasil belajar siswa menggunakan tes. Analisis data aktivitas belajar siswa dilakukan dengan rumus persentase dan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan Rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 75% dengan kategori aktif, pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 80% dengan kategori aktif, dan pertemuan ketiga dengan nilai rata-rata 90,62% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat di SMP Muhammadiyah Gunung Meriah dengan perolehan nilai pre-test 41,2 dan post- test 76,25. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (12,06 > 1,713) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IXa SMP Muhammadiyah Gunung Meriah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sri Agustina Sri Agustina
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:03
Last Modified: 14 Dec 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item
View Item