Pengembangan Media Pembelajaran Picture And Picture Pada Materi IPS Siswa Kelas IV MIN 10 Nagan Raya

Tina Rahmayana, 180209101 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Picture And Picture Pada Materi IPS Siswa Kelas IV MIN 10 Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Picture  And Picture Pada Materi IPS Siswa  Kelas IV MIN 10 Nagan Raya] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Picture And Picture Pada Materi IPS Siswa Kelas IV MIN 10 Nagan Raya)
Tina Rahmayana, 180209101, FTK, PGMI, 085211635832.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media dalam proses pembelajaran di kelas IV MIN 10 Nagan Raya. Keterbatasan kesediaan media pembelajaran sangatlah mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Selain itu media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang efektif seperti masih menggunakan papan tulis dan buku paket yang disediakan di sekolah. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa, dan dirancang agar siswa dapat melakukan aktivitas dalam proses pembelajaran, sehingga peniliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Desain media picture and picture pada materi IPS siswa kelas IV MIN 10 Nagan Raya 2). Menguji kelayakan media picture and picture pada materi IPS siswa kelas IV MIN 10 Nagan Raya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development , yang menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media diperoleh skor 89% dengan kategori Sangat layak, (2) hasil validasi ahli materi diperoleh skor 93% dengan kategori sangat layak, (3) hasil Respon guru diperoleh skor 92% dengan kategori sangat menarik, (4) hasil respon siswa diperoleh skor 91 % dengan kategori sangat menarik . Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran picture and picture pada materi IPS siswa kelas IV MIN 10 Nagan Raya sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tina Rahmayana Tina
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:02
Last Modified: 14 Dec 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item
View Item