Pemanfaatan Wakaf Produktif Tanah Sawah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Lambunot Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)

Amna Yusra, 170602058 (2021) Pemanfaatan Wakaf Produktif Tanah Sawah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Lambunot Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Wakaf Produktif  Tanah Sawah Terhadap Peningkatan  Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Lambunot Kecamatan Indrapuri  Kabupaten Aceh Besar)] Text (Pemanfaatan Wakaf Produktif Tanah Sawah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Lambunot Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar))
Amna Yusra, 170602058, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Wakaf adalah pemberian suatu aset dari seseorang kepada umat agar dapat di ambil manfaatnya tanpa menghilangkan substansinya.Wakaf menjadi sumber dana abadi yang digunakan untuk kepentingan umat dan akan terus berkembang apabila dikelola secara produktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan wakaf produktif tanah sawah yang ada di desa Lambunot serta dampak pemanfaatannya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan wakaf produktif tanah sawah dilakukan dengan sistem bagi hasil dan ada pengalihfungsian tanah wakaf sawah menjadi toko yang disewakan. Alokasi dari hasil wakaf masih diperuntukkan untuk hal yang konsumtif sehingga belum sepenuhnya optimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.232 Tanah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Amna Yusra Yusra
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:08
Last Modified: 15 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24687

Actions (login required)

View Item
View Item