Penerapan Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca di MTs Insan Qurani, Aceh Besar.

Muna Mawaddah, 190202039 (2022) Penerapan Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca di MTs Insan Qurani, Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Permainan Monopoli] Text (Permainan Monopoli)
Muna Mawaddah, 190202039, FTK, PBA, 085359399641.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Peneliti menemukan bahwa para siswa merasa kesulitan dalam memahami teks bacaan Bahasa Arab di buku pelajaran, dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan membaca. Oleh karena itu, peneliti ingin menerapkan permainan monopoli pada pembelajaran keterampilan membaca (Penelitian Eksperiment One Grup Pre Test, Post Test Design di MTs Insan Qurani Aceh Besar). Dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan monopoli pada pembelajaran keterampilan membaca, dan untuk mengetahui efektifitas permainan monopoli pada pembelajaran keterampilan membaca di MTs Insan Qurani Aceh Besar. Dan metode penelitian yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimental One Grup Pre Test, Post Test Design, dan dalam pengumpulan data, peneliti membuat pengamatan langsung/observasi, Pre-test dan Post-test. Dan adapun sampel yang dipilih oleh peneliti untuk penelitian ini adalah siswa kelas VIII/D dengan jumlah 27siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan permainan Monopoli pada pembelajaran keterampilan membaca di MTs Insan Qurani Aceh Besar mendapat nilai unggul. Pada aktivitas guru dengan nilai 95,31% dan pada aktivitas siswa dengan nilai 98,21% saat menganalisis data observasi langsung. Permainan Monopoli efektif pada pembelajaran keterampilan membaca di MTs Insan Qurani Aceh Besar. Melalui hasil Uji Paired Sample T-Test Peneliti memproleh hasil signifikansi 0,000 Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dan hal ini menunjukkan bahwa penerapan permainan Monopoli dalam pembelajaran keterampilan membaca di MTs Insan Qurani Aceh Besar memperoleh nilai efektif dan unggul pada pembelajaran keterampilan membaca di MTs Insan Qurani Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muna Mawaddah Muna
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:52
Last Modified: 15 Dec 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24694

Actions (login required)

View Item
View Item