Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada Materi Peluang di kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh

Ikramina, 261222909 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada Materi Peluang di kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran] Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
IKRAMINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (51MB)

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token adalah suatu model pembelajaran yang demokratis di sekolah yang berupaya membuat siswa tidak mendominasi kelas sehingga ada pemerataan kepada siswa untuk menanyakan/mengeksplorasi apa yang tidak dipahami kepada gurunya, terutama pada pembelajaran matematika. Berdasarkan data awal yang didapat oleh peneliti pada tanggal 25 November 2015 pada materi Persamaan Linier Dua Variabel diperoleh bahwa hasil belajar siswa masih rendah karena proses pembelajaran yang berpusat kepada guru menyebabkan siswa kurang aktif, diam selama proses pembelajaran dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran matematika di sekolah tersebut selama ini masih tergantung dari apa yang guru berikan, perhatian siswa kurang sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token pada siswa kelas XIPA1 yang dijadikan sebagai sampel. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang? Bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran? Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran? dan Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran?. Penelitian dilakukan di SMA Inshafuddin Banda Aceh pada kelas XIPA1, metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dan sampel penelitian 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan pengolahan data hasil belajar menggunakan uji-t, dari hasil penelitian dapat disimpulkan Hasil belajar dengan model kooperatif Tipe Time Token diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 2,15 > 1,69 yaitu tolah H0 dan terima H1. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang di kelas X SMA Inshafuddin, aktivitas siswa tergolong efektif, aktivitas guru tergolong dalam kategori baik dan respon siswa sangat posotif. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token ini bisa diterapkan dalam pembelajaran baik dalam pelajaran matematika maupun dalam pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token, dan Hasil belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ikramina Zulfa
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:22
Last Modified: 14 Feb 2018 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item
View Item