Penanggulangan Pengangguran melalui Program Kartu Prakerja di Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh

Indah Tarina Rizki Nuzul Fitri, 180802027 (2022) Penanggulangan Pengangguran melalui Program Kartu Prakerja di Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penanggulangan Pengangguran melalui Program Kartu Prakerja] Text (Penanggulangan Pengangguran melalui Program Kartu Prakerja)
Indah Tarina Rizki Nuzul Fitri, 180802027, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020, Penyebaran Covid-19 yang semakin cepat meluas dan merata sehingga menjadi polemic global saat ini membuat pertumbuhan ekonomi global menurun termasuk di Indonesia, sehingga pengangguran meningkat selama pandemic. Pengangguran yang tinggi memiliki dampak buruk bagi kesejahteraan sosial yang mengakibatkan angka kemiskinan melunjak tinggi. Sehingga pemerintah membuat suatu upaya untuk mengurangi angka pengangguran melalui Program Kartu Prakerja berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36 tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk penanggulang pengangguran melalui Program Kartu Prakerja dan apa saja peluang dan tantangan dalam pelaksanaan Program Kartu Prakerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penanggulangan pengangguran melalui program kartu prakerja ada dua yaitu pelatihan dan insentif. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan kompetensi diri untuk para pengangguran yang mengikuti program kartu prakerja. sedangkan insentif yaitu tambahan manfaat bagi penerima kartu prakerja dalam bentuk uang. Dalam pelaksanaan program kartu prakerja perlu adanya sosialisasi dan fasilitas. sosialisasi yang dilakukan dengan media sosial melalui website dan televisi Aceh sedangkan fasilitas pendaftaran belum diberikan oleh pemerintah daerah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Program Kartu Prakerja mampu mengatasi angka pengangguran di Aceh dari tahun 2021 sebanyak 160.562 jiwa dan turun pada tahun 2022 menjadi 150.176 jiwa. Pelaksanaan Program Kartu Prakerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh belum memberikan dukungan penuh sesuai kebijakan Program Kartu Prakerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Indah Tarina Rizki Nuzul Fitri Indah
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:00
Last Modified: 15 Dec 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24705

Actions (login required)

View Item
View Item