Transaksi Jual Beli Lembu Korban Laka Lantas Di Kalangan Masyarakat Kecamatan Lhoong Aceh Besar (Studi Kasus Tentang Syarat Ma’qud ‘Alaih dalam Fikih Muamalah)

Hajrah, 180102186 (2022) Transaksi Jual Beli Lembu Korban Laka Lantas Di Kalangan Masyarakat Kecamatan Lhoong Aceh Besar (Studi Kasus Tentang Syarat Ma’qud ‘Alaih dalam Fikih Muamalah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqasid Syari’ah] Text (Maqasid Syari’ah)
Hajrah, 080102186, FSH, HES, 082236143408.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Fakta yang terjadi di Kecamatan Lhoong ketika terjadinya kecelakaan laka lantas kendaraan di jalan raya dengan hewan ternak (lembu) lembu tersebut diambil dan berpindah kepemilikan kepada korban, tujuannya untuk ganti rugi kepada korban dan sebagai bentuk hukuman. Berdasarkan Qanun Nomor 5 Tahun 2019 dan Nomor 5 Tahun 2021 tentang tata cara penertiban hewan ternak di Kabupaten Aceh Besar dan kesepakatan camat dan seluruh keuchik dari tahun 1997. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana transaksi jual beli lembu korban laka lantas di Kecamatan Lhoong dan dari perspektif syarat ma’qud ‘alaih. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari proses wawancara dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, kitab fikih, peraturan perundang-undangan. Adapun alasan yang melatarbelakangi dibuatnya Qanun serta reusam ini di Kecamatan Lhoong, yaitu akibat dari kesengajaan pemilik ternak melalaikan tanggung jawabnya, sehingga membahayakan nyawa pengendara jalan raya bahkan dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang serta kerugian rusaknya kendaraan korban yang harus diganti. Peraturan yang dilakukan daerah setempat dalam perspektif maqāsid syarī‘ah dapat diterima dengan pertimbangan, praktik tersebut dalam fikih muamalah tidak sah, dikarenakan kondisi darurat sehingga perpindahan kepemilikan itu di tempuh sebagai solusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hajrah Hajrah
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:07
Last Modified: 15 Dec 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24708

Actions (login required)

View Item
View Item