Peran Pekerja Sosial Dalam Menangani Kasus Pelecehan Seksual Anak Di Bawah Umur (Studi Di Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan)

Husmidar, 160404050 (2021) Peran Pekerja Sosial Dalam Menangani Kasus Pelecehan Seksual Anak Di Bawah Umur (Studi Di Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pekerja Sosial] Text (Peran Pekerja Sosial)
Husdimar, 160404050, FDK, PMI,085361566757.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini berjudul Peran Pekerja Sosial dalam Menangani Kasus Pelecehan Seksual Anak Bawah Umur (Studi di Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan). Pekerja sosial merupakan salah seorang yang menjalankan perannya untuk membantu menangani persoalan yang dihadapi klien agar kembali keberfungsian sosialnya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan memahami peran pekerja sosial dalam menangani kasus pelecehan seksual anak bawah umur. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi Adapun subjek dari penelitian ini adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan, sub bagian umum dan kepegawaian, 2 orang pekerja sosial , 1 orang klien dan 3 orang ibu klien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pekerja sosial sangat strategis dan fungsional dalam menangani berbagai kasus terhadap pelecehan seksual terhadap anak bawah umur, terutama sebagai pendampingan semasa penanganan kasus, menghubungkan klien dengan sistem-sistem sumber berdasarkan kebutuhan, memberikan konseling berupa bimbingan dan penguatan kepada klien, mengadvokasikan klien dengan memberi pembelaan kepada klien, dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan klien, Adapun cara pekerja sosial menangani permasalahan sosial yaitu cara intake, assesmeen, intervensi, evaluasi dan juga terminasi. Adapun tingkat ketuntasan pekerja sosial dalam menangani kasus pelecehan seksual adalah ketika kasus yang ditangani pekerja sosial sampai ke tahap terminasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Husdimar Uus
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:15
Last Modified: 15 Dec 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24710

Actions (login required)

View Item
View Item