Karakteristik Rayap (Ordo Isoptera) Berdasarkan Habitatnya di Kecamatan Darussalam Sebagai Penunjang Mata Kuliah Entomologi

Nurul Huda Syawalilda, 180207049 (2022) Karakteristik Rayap (Ordo Isoptera) Berdasarkan Habitatnya di Kecamatan Darussalam Sebagai Penunjang Mata Kuliah Entomologi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakteristik Rayap (Ordo Isoptera)] Text (Karakteristik Rayap (Ordo Isoptera))
Nurul Huda Syawalilda, 180207049, FTK, PBL, 085270922247.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengetahuan mahasiswa terkait karakteristik rayap (ordo isoptera) berdasarkan habitatnya tegolong minim, hal ini dilatar belakangi oleh belum dipraktikumkan pengamatan rayap tertentu secara khusus. Penelitian ini penting dilaksanakan untuk memperoleh data yang dapat digunakan dalam penyusunan modul. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan spesies rayap di Kecamatan Darussalam dan menganalisis uji kelayakan produk penelitian rayap di Kecamatan Darussalam. Metode penelitian ini menggunakan survey eksploratif mengamati langsung bagunan dan perkarangan, pemilihan lokasi penelitian berdasarkan purposive sampling yang berarti pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yaitu berdasarkan lingkungan dan perkarangan rumah. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil uji kelayakan produk penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus uji kelayakan. Hasil penelitian didapatkan spesies rayap yaitu rayap Schedorhinotermes sp. terdiri atas 3 habitat (dinding bata, tiang kayu dan tumpukan sampah bangunan) dan 2 kasta (pekerja dan prajurit). Karakteristik rayap Schedorhinotermes sp., dengan masing-masing kasta memiliki perbedaan seperti pada caput prajurit yang meruncing pada bagian depan sedangkan caput pekerja hanya oval dan pada mandibel yang berbeda prajurit yang seperti capit kecil dan pekerja memilki capit yang besar dan memiliki 10 ruas yang sama dengan ukuran yag berbeda. Hasil uji kelayakan terhadap modul praktikum tentang Karakteristik Rayap (Ordo Isoptera) Berdasarkan Habitatnya di Kecamatan Darussalam merupakan produk hasil penelitian diperoleh skor penilaian dengan persentase keseluruhan 75% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan karakteristik Schedorhinotermes sp. memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kastanya mulai dari bentuk caput, mandibel dan abdomennya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Huda Syawalilda Yudha
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:05
Last Modified: 16 Dec 2022 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item
View Item