Penerapan Model TGT (Teams Geams Tournament) Menggunakan Media Kotak dan Kartu Misterius Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah

Elsa Rosliza, 281324853 (2018) Penerapan Model TGT (Teams Geams Tournament) Menggunakan Media Kotak dan Kartu Misterius Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model TGT dan Media]
Preview
Text (Penerapan Model TGT dan Media)
PDF GABUNGAN SKRIPSI Elsa Rosliza.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di MTsS Darul Hikmah belum maksimal dalam penerapan model pembelajaran ketika mengajar di kelas. Model yang sering digunakan adalah Snowball Trowing. Guru disini juga dijadikan sebagai satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan belajar mengajar hanya terjadi satu arah saja, dan yang berperan aktif adalah guru sedangkan siswa hanya mendengar penjelasan guru, kemudian mencatat, dan siswa tidak ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak kondusif. Sehingga aktivitas belajar siswa tidak maksimal begitupun dengan hasil belajar siswa yang hampir 80% siswa belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Permasalan tersebut perlu dicari solusi yaitu dengan mengembangkan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah dengan penerapan model TGT menggunakan media Kokami pada materi Sistem Pencernaan Makanan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pree test dan post test group. Pengumpulan data aktivitas menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes, serta analisis data aktivitas siswa menggunakan persentase aktivitas belajar, sedangkan hasil belajar dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif yaitu pada pertemuan pertama 83.2% dan pertemuan kedua 90.7%. Hasil analisis uji t diperoleh thitung 15.142 sedangkan ttabel 1.708 sehingga thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT menggunakan media Kokami menunjukkan aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah pada materi sistem pencernaan makanan.
Kata Kunci: Model TGT, Media Kokami, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Sistem pencernaan makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zuraidah, M. Si 2. Eriawati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Media Kokami, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa, Sistem pencernaan makanan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Elsa Rosliza Syahfuddin
Date Deposited: 09 Feb 2018 09:08
Last Modified: 09 Feb 2018 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item
View Item