Pengembangan Kitab Kawakib Ad-Durriyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Ilmu Nahwu

Nur Afifah, 180202036 (2022) Pengembangan Kitab Kawakib Ad-Durriyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Ilmu Nahwu. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Kitab Kawakib Ad-Durriyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Ilmu Nahwu] Text (Pengembangan Kitab Kawakib Ad-Durriyyah Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Ilmu Nahwu)
Nur Afifah, 180202036, FTK, PBA, 082274240525.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kitab Al-Kawakib Ad-Durriyyah dengan menggunakan Peta Konsep dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan kitab pengembangan Al-Kawakib Ad-Durriyyah untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap Ilmu Nahwu. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan metode Research and Development/R&D. Adapun sampel dalam penelitian ini peneliti memilih kelas II ma'had Asaasunnajah Aceh Besar. dengan jumlah 20 siswa. Pengembangan ini terdiri dari enam langkah yaitu; (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Adapun hasil penelitian ini adalah peneliti berhasil menemukan produk baru yaitu sebuah buku pengembangan yang berjudul "Kharaaitiz Zihniyyah Linnahwi" setelah melalui proses validasi ahli. Adapun validasi pengembangannya terdiri dari dua aspek yaitu aspek isi dan desain. Dari aspek isi nilai yang diperoleh adalah 95 yaitu sangat layak, sedangkan dari aspek desain nilai yang diperoleh 92 yaitu sangat layak. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa daftar respon siswa dan menganalisa uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk memperoleh nilai efektifitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa penggunaan kitab kawakib dengan peta konsep memperoleh hasil efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran nahwu dimana hasil hitung rata-rata dari pre-test adalah 69 dan post-test 89,5. Sedangkan hasil kuisioner menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran nahwu menggunakan kitab yang dikembangkan ini memperoleh tingkat atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Afifah
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:52
Last Modified: 16 Dec 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item
View Item