Sistem Pengelolaan Aplikasi MySAPK BKN Terhadap Administrasi Data Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh

Rifka Hidayah, 180802018 (2022) Sistem Pengelolaan Aplikasi MySAPK BKN Terhadap Administrasi Data Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemutakhiran Data Mandiri] Text (Pemutakhiran Data Mandiri)
Rifka Hidayah, 180802018, FISIP, IAN, 085361267988.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan (E-Government) salah satunya dapat dilihat dalam bidang kepegawaian negara, yaitu dalam proses administrasi data Aparatur Sipil Negara agar menjadi lebih baik dengan hadirnya Aplikasi MySAPK. Aplikasi ini berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi profil PNS. Dengan memberikan kemudahan bagi para ASN untuk mengupdate dan memperbarui data pribadi secara mandiri dengan melakukan pemutakhiran data mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemutakhiran data mandiri melalui Aplikasi MySAPK BKN di Kanreg XIII BKN Aceh dalam proses administrasi data ASN dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemutakhiran data mandiri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan pemutakhiran data mandiri melalui Aplikasi MySAPK di Kanreg XIII BKN Aceh sudah berjalan komunikasi yang baik, tersedia sumber daya yang memadai, serta adanya tanggapan dan arahan yang baik dari para staf pegawai. Dalam pelaksanaan pemutakhiran data mandiri melalui Aplikasi MySAPK juga terdapat faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman ASN, dan gangguan server seperti jaringan error. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemutakhiran data mandiri ASN melalui Aplikasi MySAPK pada Kanreg XIII BKN Aceh relatif terlaksana dengan baik. Namun masih adanya ASN yang tidak melakukan pemutakhiran data mandiri tersebut dapat berdampak kurang baik dalam mewujudkan tujuan pemutakhiran data mandiri tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rifka Hidayah Rifka
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:50
Last Modified: 16 Dec 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item
View Item