Analisis Pertanggung Renteng Pada Pembiayaan Mikro Di Baznas Microfinance Desa Lampaseh Kota Dalam Perspektif Akad Kafālah

Siti Namira Fasya, 180102001 (2022) Analisis Pertanggung Renteng Pada Pembiayaan Mikro Di Baznas Microfinance Desa Lampaseh Kota Dalam Perspektif Akad Kafālah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pertanggung Renteng Pada Pembiayaan Mikro Di Baznas Microfinance Desa Lampaseh Kota Dalam Perspektif Akad Kafālah] Text (Analisis Pertanggung Renteng Pada Pembiayaan Mikro Di Baznas Microfinance Desa Lampaseh Kota Dalam Perspektif Akad Kafālah)
Siti Namira Fasya, 180102001, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemiskinan terjadi dikarenakan adanya sebagian daerah yang belum tertangani secara penuh mengenai pemerataan pendapatan, adanya daerah atau sektor yang harus menampung tenaga kerja yang melimpah sedangkan tingkat produktivitas yang rendah mengakibatkan ketidakseimbagan produksi. Kebutuhan hidup yang besar membuat sebagian besar kalangan masyarakat mencari jalan lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya dengan mengambil pembiayaan. Pembiayaan mikro yang ada di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota merupakan pembiayaan yang diberikan dalam bentuk modal usaha, salah satu persyaratan pengajuan pembiayaan ini ialah dengan adanya kelompok, pada kelompok ini terdapat sistem tanggung renteng. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: Bagaimana bentuk pembiayaan mikro di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota. Bagaimana mekanisme sistem tanggung renteng pada pembiayaan mikro di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota. Bagaimana perspektif akad Kafālah terhadap sistem tanggung renteng pada pembiayaan mikro di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota. Jenis penelitian pada karya ilmiah ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti da memahami kondisi dari berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembiayaan mikro yang ada di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota ialah hanya satu yaitu pembiayaan Qardh. Mekanisme tanggung renteng dilaksanakan pada pertemuan atau assasment awal. Praktik tanggung renteng yang terjadi di BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota telah sesuai dengan syarat dan ketentuan akad Kafālah, karena ketua kelompok atau kafil telah menjamin kelompok atau ashil dan ketua kelompok telah membayar tanggungannya kepada pihak BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota atau makful lahu maka angota kelompok telah terlepas dari kewajiban utangnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Namira Fasya
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:04
Last Modified: 16 Dec 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item
View Item