Implementasi Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) pada Mata Pelajaran TIK dalam Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Kelas X di SMKN I Sawang Aceh Selatan

Achmad Andrian, 150212097 (2022) Implementasi Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) pada Mata Pelajaran TIK dalam Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Kelas X di SMKN I Sawang Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Model ARIAS] Text (Implementasi Model ARIAS)
Achmad Andrian, 150212097, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model ARIAS terhadap kualitas belajar TIK dan sumber-sumber belajar TIK di SMAN 1 Sawang Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan One Grup Control Pree-Test Post-Test Design dengan melibatkan dua kelas dan dilaksakanan selama 2 pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaaran, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk melihat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran TIK melalui model ARIAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran ARIAS berpengaruh signifikan terhadap kualitas belajar TIK siswa SMKN 1 Sawang Aceh Selatan, hal ini terlhat dari analisis hasil belajar tampak bahwa nilai p-value = 0,569 > α = 0,05, yang menunjukan H0 ditolak dan H1 diterima yakni rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas X dengan menggunakan model ARIAS lebih dari 69,99 dengan memenuhi kreteria ketuntasan 75% yaitu siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dengan rata-rata 76,92%. Aktivitas siswa yang telah diamati selama empat kali pertemuan mencapai kriteria ketuntasan dengan skor rata-rata (%) aktivitas siswa berada pada kategori cukup dengan skor nilai 79,56%, dengan begitu aktivitas siswa mencapai kriteria aktif. (2) Sumber-sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran TIK di SMKN 1 Sawang Aceh Selatan berbasis TAM adalah berupa (1) Komputer, (2) LCD Projector, (3) Internet, (4) CD Pembelajaran, (5) E-mail dan (6) Persentasi Power Point. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model ARIAS efektif diterapkan dalam pembelajaran TIK pada siswa kelas X SMKN 1 Sawang Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Achmad Andrian Andrian
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:51
Last Modified: 19 Dec 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24753

Actions (login required)

View Item
View Item