Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Media Kartu Pecahan Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar

Yulia Putriana, 170209054 (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Media Kartu Pecahan Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Media Kartu Pecahan Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar] Text (Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Media Kartu Pecahan Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar)
Yulia Putriana, 170209054, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika menjadikan hasil belajar rendah. Penyampaian materi yang menonton serta kurangnya penerapan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang memahami apa yang disampaikan guru. Disinilah pentingya penggunaan media pembelajaran terutama sesuai dengan usia siswa. Media kartu pecahan bisa menjadi salah satu alternatif dalam masalah ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam peningkatan hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan media kartu pecahan di kelas III MIN 26 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam peningkatan hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan media kartu pecahan di kelas III MIN
26 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan media kartu pecahan di kelas III MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini merupan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III A MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 29 siswa dengan nilai KKM individual 75 untuk mata pelajaran matematika, sedangkan KKM klasikalnya adalah
80%. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil tes.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Aktivitas guru pada siklus I mencapai 58,92%, siklus II 73,21%, dan siklus III 86,20%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67,07%, siklus II 76,78%, dan siklus III 87,5%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa serta
hasil belajar melalui penerapan media kartu pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Putriana Yulia
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:12
Last Modified: 19 Dec 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24757

Actions (login required)

View Item
View Item