Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Kesetaraan Di Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh

Bella Dona Habiba, 170802023 (2022) Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Kesetaraan Di Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Kesetaraan Di Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh] Text (Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Kesetaraan Di Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh)
Bella Dona Habiba, 170802023, FISIP, IAN (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan adalah suatu proses kesadaran dan pembentukan kapasitas terhadap partisipasi yang lebih besar, kekuasaan dan pengawasan pembuatan keputusan yang lebih besar. Pemberdayaan dilakukan untuk memberi keterampilan kepada perempuan. Memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menyalurkan kreatifitas agar dapat menghasilkan dan membantu perekonomian keluarga berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Data Gender dan Anak. Akan tetapi, realitanya aktivitas perempuan pada Gampong Lampoh Daya cenderung terbatas dan pasif untuk terlibat dalam pembangunan Gampong baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya pemerintah gampong dalam pemberdayaan perempuan, sehingga keterwakilan kepentingan perempuan dapat dilihat melalui upaya yang mereka laksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah Gampong Lampoh Daya yang terletak di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Gampong sudah mengupayakan kegiatan yang menunjang kesetaraan gender, akan tetapi untuk bidang Pemerintahan Gampong, Partisipasi, Regulasi, dan Anggaran untuk Pemberdayaan Perempuan Gampong Lampoh Daya masih rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Bella Dona Habiba Dona
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:12
Last Modified: 19 Dec 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item
View Item