Penggunaan Modul Pembelajaran pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Samadua

Ulul Azmi, 281324890 (2017) Penggunaan Modul Pembelajaran pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Samadua. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Modul Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Modul Pembelajaran)
Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 3 Samadua pembelajarannya masih terlihat pasif disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya sarana dan prasarana sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam belajar, kurangnya aktivitas siswa dalam belajar akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kurangnya media dalam proses belajar mengajar menjadi masalah pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siwa dengan menggunakan media modul pembelajaran pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di SMPN 3 Samadua. Rancangan penelitian ini digunakan yaitu Preeksperimen dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini dalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Samadua yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 79,7% dengan kategori aktif, dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 85,7% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest yaitu 31,25 dan nilai rata-rata posttest yaitu 76,87. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung= 9,08 ≥ ttabel= 1,71), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunan modul pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Samadua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, M. Pd 2. Elita Agustina, M. Si
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, aktifitas, dan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulul Azmi
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:57
Last Modified: 09 Feb 2018 07:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item
View Item