Determinan Kontribusi Pendapatan Perempuan Dalam Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pedagang Wanita di Desa Kuta Blang Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Ayu Afrida, 180602032 (2022) Determinan Kontribusi Pendapatan Perempuan Dalam Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pedagang Wanita di Desa Kuta Blang Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perempuan Pedagang] Text (Perempuan Pedagang)
Ayu Afrida, 180602032, FEBI, ES, 082258963020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan zaman dalam kehidupan ini menjadikan kebutuhan dalam keluarga sehingga mendorong perempuan untuk ikut kerja. Perempuan di Desa Kuta Blang bekerja sebagai pedagang untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi pendapatan perempuan dalam keluarga menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pendapatan perempuan dalam keluarga adalah untuk dapat menambah pendapatan dan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Peran perempuan secara umum dalam keluarga jelas bahwa kedudukan dan peran perempuan adalah penanggungjawab urusan rumah tangga. Meskipun demikian hal ini diperbolehkan didalam ekonomi Islam karena tindakan pedagang tidak bertentangan dengan syarat-syarat perempuan bekerja menurut syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Afrida Ayu
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:08
Last Modified: 21 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item
View Item