Kompetensi Literasi Media Guru PAI Di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan

Zuraidi, 191003011 (2022) Kompetensi Literasi Media Guru PAI Di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Kompetensi Literasi Media Guru PAI Di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan] Text (Kompetensi Literasi Media Guru PAI Di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan)
Zuraidi, 191003011, PAI, PASCASARJANA, 082242627455.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Literasi media digital (media digital literacy) menjadi sebuah kunci penting dalam menghadapi berbagai fenomena teknologi informasi yang ada sekarang. Pada era serba digital seperti sekarang ini, perkembangan media digital dan teknologi informasi memberikan tantangan bagi pengguna dalam mengakses, memilih, dan memanfaatkan informasi serta kemampuan dalam menelusuri informasi tersebut membutuhkan ketepatan dan kualitas informasi yang diperoleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi literasi media guru PAI di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan, apa saja kompetensi literasi media guru PAI di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan, dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI berkaitan dengan kompetensi literasi media di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, objek penelitian adalah Kepala sekolah dan guru PAI di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan. Tempat penelitian adalah SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti adalah alat penelitian utama dengan bantuan panduan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, visualisasi data, verifikasi, dan validasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMAN Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan sudah memiliki kemampuan dasar dalam menerapkan beberapa model pembelajaran berbasis teknologi digital, dengan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zuraidi Rai
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:19
Last Modified: 19 Dec 2022 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item
View Item