Pengembangan Materi Mufradat Dengan Buku Mufradat Bergambar (Penelitan R&D Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh)

Tutia Rahmi, 30183814 (2022) Pengembangan Materi Mufradat Dengan Buku Mufradat Bergambar (Penelitan R&D Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

[thumbnail of Pengembangan Materi Mufradat Dengan Buku Mufradat Bergambar (Penelitan R&D Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh)] Text (Pengembangan Materi Mufradat Dengan Buku Mufradat Bergambar (Penelitan R&D Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh))
Tutia Rahmi, 30183814, PBA, PASCASARJANA, 082331314513.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, murid kesulitan dalam pembelajaran karena tidak memiliki buku khusus. selama ini materi mufradat yang diajarkan didapati guru dari potongan kertas yang diberikan bagian pengembangan bahasa setiap harinya, lalu murid menuliskan di buku harian mereka setiap harinya, dan murid juga kesulitan dalam mempersiapkan diri untuk materi yang diajarkan pada hari berikutnya. Dan karena proses pembelajaran mufradat yang tidak bervariasi, banyak dari santri merasa bosan dan ada yang tidur didalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu mereka membutuhkan media yang menarik. Ketika proses belajar mengajar guru dan murid mengalami kesulitan dalam efisiensi waktu diantaranya tidak memadainya waktu dalam mendengarkan pelafalan kosakata dari murid secara perseorangan, karena tujuan dasar dari pembelajaran mufradat yaitu murid mampu melafalkan dengan baik kosakata serta kalimat yang diberikan serta dapat mempraktekkannya di dalam kehidupan sehari- hari. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang terjadi dengan cara mengembangkan materi mufradat dengan buku mufradat bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran mufradat dengan buku mufradat bergambar sertabagaimana efektifitas produk. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah R&D.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tutia Rahmi Tutia
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:19
Last Modified: 19 Dec 2022 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24763

Actions (login required)

View Item
View Item