Dampak Akreditasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Yuni Bahgie, 180503154 (2022) Dampak Akreditasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Dampak Akreditasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Dampak Akreditasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Yuni Bahgie, 180503154, FAH, IP, 082273860642.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dampak Akreditasi Perpustakaan terhadap Kualitas Layanan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Berangkat dari permasalahan yang didasari dengan perolehan nilai akreditasi A yang seyogyanya berimbas pada kualitas layanan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak akreditasi perpustakaan terhadap kualitas layanan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 98 pemustaka dan wawancara dengan pustakawan pada bagian kepanitiaan akreditasi. Fokus penelitian ini adalah dampak yang muncul dari hasil akreditasi perpustakaan terhadap kualitas layanan yang terdiri dari layanan baca di tempat, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan penelusuran, layanan literasi informasi, dan layanan penyediaan dokumen. Uji kredibilitas data penelitian kualitatif terdiri atas perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan pada UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh tergolong baik, hal ini diketahui dari hasil temuan yang menyatakan bahwa layanan baca di tempat, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan penelusuran, layanan literasi informasi, dan layanan penyediaan dokumen sudah bagus, sementara survei kebutuhan pemustaka selama ini belum memberikan dampak signifikan. Selain itu, disaat UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah terakreditasi, banyak perubahan yang terjadi sehingga perpustakaan mengubah sistem pelayanan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yuni Bahgie
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:41
Last Modified: 20 Dec 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item
View Item