Tinjauan Kriminologi Terhadap Keterlibatan Ibu Rumah Tangga Dalam Peredaran Narkotika Jenis Sabu Di Wilayah Hukum Polresta Kota Banda Aceh

Milda Ananda, 160203116 (2022) Tinjauan Kriminologi Terhadap Keterlibatan Ibu Rumah Tangga Dalam Peredaran Narkotika Jenis Sabu Di Wilayah Hukum Polresta Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tinjauan Kriminologi Terhadap Keterlibatan Ibu Rumah Tangga Dalam Peredaran Narkotika Jenis Sabu Di Wilayah Hukum Polresta Kota Banda Aceh] Text (Tinjauan Kriminologi Terhadap Keterlibatan Ibu Rumah Tangga Dalam Peredaran Narkotika Jenis Sabu Di Wilayah Hukum Polresta Kota Banda Aceh)
Milda Ananda, 160104116, FSH, HPI, 082276036473.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan mengenai peredaran narkotika sudah sangat merejalela di Aceh terutama di Kota Banda Aceh. Namun masalah serius yang dihadapi saat ini merupakan keterlibatan perempuan khususnya ibu rumah tangga dalam peredaran narkotika. Kehidupan ekonomi yang sulit serta gaya hidup yang begitu hedonis merupakan salah satu pemicu terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Hal ini jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya upaya pencegahan dan penegakan hukum dapat merusak moral dan tatanan kehidupan generasi penerus bangsa. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dapat dirumuskan pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimanakah modus keterlibatan ibu rumah tangga dalam peredaran narkotika di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, kemudian apakah faktor penyebab keterlibatan ibu rumah tangga dalam peredaran narkotika di Kota Banda Aceh, lalu yang terakhir yaitu bagaimana tinjauan kriminologi terhadap keterlibatan ibu rumah tangga dalam peredaran nakotika di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Hukum Empiris, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa ada 3 modus operandi yang digunakan oleh ibu rumah tangga dalam peredaran narkotika jenis sabu yaitu sebagai kurir, sebagai penjual biasa, dan sebagai tempat penitipan. Kemudian 4 faktor penyebab ibu rumah terlibat dalam peredaran narkotika yaitu faktor jebakan dan tekanan, faktor ekonomi, faktor pendidikan, dan faktor lingkungan. Menurut analisis dan tinjauan kriminologi, teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena peredaran narkotika jenis sabu oleh ibu rumah tangga yaitu menggunakan teori lingkungan, social control theory (teori kontrol sosial), teori spiritualis, dan opportunity theory (teori kesempatan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Milda Ananda
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:42
Last Modified: 21 Dec 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item
View Item