Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP/MTs.

Ulfa Fajrina, 170205100 (2022) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis 	 Etnomatematika] Text (Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika)
Ulfa Fajrina, 170205100, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Darussa’adah Cot Tarom, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling (dengan hanya merandom kelas) sehingga terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dengan mengunakan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang kemudian dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test melalui SPSS. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai Sig. (2-tailed) independent sample t-test 0.000 < 0.05. Sehingga H0 ditolak dan H1 adalah diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan menggunakan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan di atas didukung oleh realita bahwa selama proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika yang dikaitkan dengan budaya lokal dapat menambah pemahaman kesadaran dan daya tarik sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap manfaat dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfa Fajrina Ulfa
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:08
Last Modified: 22 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24805

Actions (login required)

View Item
View Item