Faktor Rendahnya Minat Shalat Berjama'ah Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar

Ridha Aulia, 180201054 (2022) Faktor Rendahnya Minat Shalat Berjama'ah Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Rendahnya Minat S{alat Berjama'ah Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar] Text (Faktor Rendahnya Minat S{alat Berjama'ah Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar)
Ridha Aulia, 180201054, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia, pendidikan yang paling awal yang harus dimiliki oleh setiap anak muslim ialah pendidikan berkenaan dengan Shalat Berjama'ah tidak terkecuali bagi siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar, karena ia merupakan pondasi awal bagi seorang anak muslim agar mereka mampu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, Sebagai seorang siswa seharusnya sudah ditanamkan betapa pentingnya dan apa manfaatnya mendirikan shalat secara berjama'ah, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apa peran guru dalam menerapkan shalat berjama'ah di sekolah? Seberapa Besar kesadaran siswa melaksanakan shalat zhuhur berjama'ah di sekolah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis melalui proses triangulasi sumber. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara membandingkan data melalui sumber pengumpulan yang berbeda. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya guru telah melakukan berbagai peranan untuk meningkatkan minat shalat berjama'ah adapun faktor yang menyebabkan minat siswa rendah dalam mengikuti shalat berjama'ah di sekolah dapat berasal dari Lingkungan keluarga, Lingkungan tempat shalat berjama'ah di sekolah dan Lingkungan masyarakat/teman. Kesimpulan penelitian ini Guru telah berperan dalam mendidik siswa agar melaksanakan Shalat berjama'ah di sekolah, namun peran guru masih ada hambatan dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridha Aulia Ridha
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:19
Last Modified: 03 Jan 2023 07:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item
View Item