Sistem Jaminan Pada Pembiayaan Dengan Fintech Dalam Perspektif Akad Rahn (Suatu Penelitian Pada Pt Investree Radhika Jaya Dan Ptammana Fintek Syariah)

Cut Mutia, 160102169 (2022) Sistem Jaminan Pada Pembiayaan Dengan Fintech Dalam Perspektif Akad Rahn (Suatu Penelitian Pada Pt Investree Radhika Jaya Dan Ptammana Fintek Syariah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Jaminan Pada Pembiayaan Dengan Fintech Dalam Perspektif Akad Rahn (Suatu Penelitian Pada Pt Investree Radhika Jaya Dan Ptammana Fintek Syariah)] Text (Sistem Jaminan Pada Pembiayaan Dengan Fintech Dalam Perspektif Akad Rahn (Suatu Penelitian Pada Pt Investree Radhika Jaya Dan Ptammana Fintek Syariah))
Cut Mutia, 160102169, FSH, ES, 082262355186.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan fintech merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi di bidang ekonomi yang menyediakan berbagai layanan Untuk mendapatkan pembiayaan ,para calon nasabah harus memenuhi syarat dan ketentuan, salah satunya adalah memberikan jaminan. Pada penelitian ini, penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana sistem jaminan pada pembiayaan yang diterapkan di perusahaan fintech (Investree dan Ammana) perspektif akad rahn. Kajian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Pertama, Bagaimana bentuk jaminan yang ditetapkan oleh kreditur untuk pembiayaan dengan menggunakan fintech. Kedua, Bagaimana penilaian kelayakan penyaluran dana terhadap debitur dengan sistem jaminan yang ditetapkan dengan mekanisme fintech. Ketiga, Bagaimana perspektif akad rahn terhadap sistem jaminan yang ditetapkan oleh kreditur pada pembiayaan yang menggunakan fintech. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pengumpulan data dokumentasi dan questionnaire. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis yaitu bentuk jaminan yang digunakan di perusahaan investree adalah invoice dan jaminan tambahan security payment sedangkan perusahaan ammana jaminan benda bergerak dan tidak bergerak, kelayakan penyaluran dana untuk investree menggunakan sistem credit-scoring dan Ammana menggunakan aspek 5 C (character, capital, capacity, collateral, condition of economy), dalam perspektif rahn jaminan digunakan sebagai acuan dasar untuk pengajuan dan untuk prinsip kehatian-hatian sehingga nasabah menjalankan tugas sesuai kontrak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jaminan pembiayaan, Perusahaan Fintech, dan Rahn
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Mutia Cut
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:56
Last Modified: 22 Dec 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24821

Actions (login required)

View Item
View Item