Evaluasi Standar Kompetensi Pustakawan Dalam Pelayanan Repositori Berdasrkan Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Perpustakaan Muhammadiyah Aceh dan Universitas Ubudiyah Indonesia

Alvi Husna, 180503117 (2022) Evaluasi Standar Kompetensi Pustakawan Dalam Pelayanan Repositori Berdasrkan Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Perpustakaan Muhammadiyah Aceh dan Universitas Ubudiyah Indonesia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Pustakawan] Text (Kompetensi Pustakawan)
Alvi Husna, 180503117, FAH, IP, 085337053304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pustakawan dalam pengelolaan repositori institusi, pemahaman pustakawan dalam pengelolaan repositori, penerapan pengelolaan repositori, kendala pustakwan dalam pengelolaan repositori. Penelitian yang diguanakan yakni pendekatan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator yang digunakan untuk menguji kompetensi yang dimaksud adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Perpustakaan Nomor 236 Tahun 2019 pada Unit Mengelola Repositori Institusi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 sampai dengan bulan November 2022, dengan lokasi penelitian di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh dan Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia. Subjek penelitian masing-masing satu orang pustakawan perpustakaan Muhammadiyah Aceh dan satu orang pustakawan perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia. Hasil penelitian di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh dan Universitas Ubudiyah Indonesia menyatakan bahwa pustakawan belum sepenuhnya bekerja sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) perpustakaan Tahun 2019. Hal tersebut dilihat beberapa unit kriteria kerja yang belum dipeneuhi oleh pustakawan, seperti konten yang belum di unggah, dan metadata yang kurang lengkap dan pengetahuan pustakawan yang kurang memhami mengenai cara pengelolaan repositori yang harus disiapkan dan dilakukan oleh pustakawan di bagian repositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Alvi Husna Alvi
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:49
Last Modified: 22 Dec 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24828

Actions (login required)

View Item
View Item