Kepercayaan Publik Terhadap Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Di Kabupaten Aceh Selatan

Syawitri Rauziah, 180802058 (2022) Kepercayaan Publik Terhadap Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Di Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepercayaan Publik] Text (Kepercayaan Publik)
Syawitri Rauziah, 180802058, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Kepercayaan Publik Terhadap Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Aceh Selatan. Latar belakang penelitian ini karena kepercayaan publik merupakan langkah awal dalam suksesnya kebijakan pemerintah. Jika kepercayaan publik tinggi, maka peluang suksesnya kebijakan pemerintah juga tinggi begitu juga sebaliknya. Kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui kebijakan Vaksinasi COVID-19 akan menentukan keberhasilan capaian Vaksin COVID-19. Sehingga peneliti ingin melihat bagaimana kepercayaan publik terhadap pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Aceh selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Kabupaten Aceh Selatan melakukan Vaksinasi COVID-19 karena diberlakukannya sanksi administrasi dan ditahannya bantuan sosial sampai masyarakat memiliki bukti bahwa mereka telah divaksin. Sehingga yang mendorong mereka untuk melakukan Vaksinasi COVID-19 bukan karena kepercayaan terhadap Pemerintah atau Vaksinasi COVID-19 itu sendiri melainkan masyarakat merasa didesak untuk melakukan Vaksinasi COVID-19. Dan upaya-upaya selama ini yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan seperti: melakukan sosialisasi, memberlakukan sanksi administrasi, memperkuat kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait dan memberikan reward kepada masyarakat yang telah divaksin lebih berfokus kepada capaian cakupan target Vaksinasi COVID-19, bukan berfokus kepada meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Vaksinasi COVID-19. Berdasarkan hal tersebut perlu kiranya pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten aceh Selatan merubah fokusnya. Yaitu lebih fokus membangun kepercayaan masyarakat. Karena jika kepercayaan masyarakat tinggi maka kebijakan sekarang maupun yang akan datang yang dibuat oleh pemerintah tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Syawitri Rauziah Syawitri
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:55
Last Modified: 22 Dec 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item
View Item