Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik “LKPD” Berbasis Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Wirda Rizka Wayuni, 180202067 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik “LKPD” Berbasis Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik “LKPD” Berbasis Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Arab] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik “LKPD” Berbasis Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Arab)
Wirda Rizka Wayuni, 180202067, FTK, PBA, 082237790552.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti mendapatkan bahwa proses belajar mengajar Bahasa Arab hanya menggunakan buku siswa Bahasa Arab K13 dan tidak menggunakan media pembelajaran seperti lembar kerja peserta didik (LKPD) hal ini berdasarkan data pada RPP yang digunakan guru. Selain itu, LKPD yang kerab dipahami ialah lembaran-lembaran yang berisikan soal-soal serta tampilan yang kurang menarik. Selain itu, LKPD juga tidak mencakupi berbagai model pembelajaran. Sehingga menjadi hambatan terhadap siswa terutama pada minat belajar Bahasa Arab, sedangkan LKPD tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi LKPD yang menarik dan inovatif serta lengkap dengan berbagai model pembelajaran. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini dikembangkanlah LKPD berbasis model pembelajaran Jigsaw. Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Jigsaw pada pembelajaran bahasa Arab. (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan LKPD berbasis Jigsaw pada pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan teori “ Borg & Gall “ yang disajikan oleh Sugiyono dengan instrument; lembar validasi dan angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif presentase untuk lembar validasi dan rumus rata-rata untuk angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosedur pengembangan LKPD berbasis Jigsaw terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, percobaan produk dan pengembangan ini telah dilakukan dengan baik serta sudah layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wirda Rizka Wayuni
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:00
Last Modified: 22 Dec 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item
View Item