Evaluasi Pelayanan Rawat Inap Bagi Peserta Kartu Indonesia Sehat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Chik Ditiro Sigli

Rehan Manstura, 180802097 (2022) Evaluasi Pelayanan Rawat Inap Bagi Peserta Kartu Indonesia Sehat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Chik Ditiro Sigli. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Pelayanan Rawat Inap] Text (Evaluasi Pelayanan Rawat Inap)
Rehan Manstura, 180802097, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Teungku Chik Ditiro merupakan salah satu rumah sakit rujukan pemerintah Kabupaten Pidie dalam hal penanganan pasien rawat inap pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS). KIS dasar hukumnya adalah Undang- undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah badan yang menyelenggarakan, sedangkan KIS adalah programnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan rawat inap terhadap peserta KIS di RSUD tersebut, faktor penghambat pelayanan rawat inap terhadap peserta KIS di RSUD Teungku Chik Ditiro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi dan pelayanan medis di RSUD tersebut belum maksimal. Mayoritas tenaga administrasi dan beberapa oknum tenaga medis perlu adanya bimbingan ulang bahkan dievaluasi agar pelayanan terbaik dapat tercapai di RSUD teungku Chik Ditiro. Belum maksimalnya kinerja dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: efektivitas, ketetapan, penerapan dan responsibilitas. Namun Pemkab Pidie telah berupaya semaksimal mungkin melalui pelayanan dari RSUD Teungku Chik Ditiro, jikapun masih terdapat berbagai keluhan dari pasien dan keluarga pasien bisa menjadi bahan evaluasi di kemudian hari. cDapat cdisimpulkan cbahwa ckualitas cpelayanan KIS crawat cinap cdi cRumah cSakit cUmum cDaerah cTeungku cChik cDitiro cSigli sudah ccukup cberjalan cdengan cbaik cakan ctetapi cmasih cada cbeberapa chal yang perlu cdiperbaiki cagar ctercipta cpelayanan cyang csesuai cdengan charapan cpasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rehan Manstura Rehan
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:58
Last Modified: 22 Dec 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item
View Item