Pengelolaan Kurikulum Salafi Dalam Peningkatan Mutu Di Dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat

Muharir, 180206008 (2022) Pengelolaan Kurikulum Salafi Dalam Peningkatan Mutu Di Dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Kurikulum Salafi Dalam Peningkatan Mutu Di Dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat] Text (Pengelolaan Kurikulum Salafi Dalam Peningkatan Mutu Di Dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat)
Muharir, 180206008, FTK, MPI, 085296946974.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pengembangan sumber daya manusia, upaya tersebut harus dilakukan secara terencana, terarah dan intensif, sehingga mampu menyiapkan bangsa memasuki era globalisasi yang sarat persaingan, termasuk melalui pengelolaan kurikulum dayah salafi Nurul Islam yang menjadi salah satu hal esensial bagi para pengurus atau pimpinan dayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan kurikulum salafi dalam peningkatan mutu di dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pimpinan dayah, wakil bagian kurikulum, stakeholder, guru mata pelajaran fiqih dan alumni. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian antara lain: (1) perencanaan kurikulum salafi dalam peningkatan mutu di dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat, sebagai berikut: Merencanakan kurikulum dengan melakukan analisis kebutuhan terhadap pengelolaan kurikulum dayah melalui tahapan pengamatan perkembangan zaman, permintaan stakeholder, wawancara dengan stakeholder, menetukan tujuan kurikulum salafi, menetukan perencanaan review kurikulum dan menentukan penanggungjawab kurikulum. (2) pelaksanaan kurikulum salafi dalam peningkatan mutu di dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat, sebagai berikut: pelaksanaan kurikulum salafi dilakukan pemberlakuan guru kelas, dengan tujuan dapat mengayomi dan mendidik santri hingga mampu menguasai kitab kuning sesuai kurikulum yang telah ditetapkan dan melakukan berbagai persiapan sebelum proses pembelajaran berlangsung. (3) evaluasi kurikulum salafi dalam peningkatan mutu di dayah Nurul Islam Meulaboh Aceh Barat, sebagai berikut: evaluasi dilakukan dua kali dalam setahun yaitu terhadap komponen isi yang meliputi perencanaan pembelajaran, pencapaian materi, metode dan ketercapaian proses pembelajaran dengan tujuan dilakukannya untuk menilai program dan perbaikan program yaitu dengan menggunakan metode evaluasi sumatif dan formatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muharir Muharir
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:02
Last Modified: 22 Dec 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24842

Actions (login required)

View Item
View Item