Identifikasi Masalah-Masalah Penerapan Kebijakan Social Distancing Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Di Gampong Bakat Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat

Nur Hanisah, 180402073 (2022) Identifikasi Masalah-Masalah Penerapan Kebijakan Social Distancing Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Di Gampong Bakat Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Identifikasi Masalah-Masalah Penerapan Kebijakan Social Distancing Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Di Gampong Bakat Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat] Text (Identifikasi Masalah-Masalah Penerapan Kebijakan Social Distancing Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Masyarakat Di Gampong Bakat Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat)
Nurhanisah, 180402073, FDK, BKI, 082276226964.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kebijakan social disatncing adalah kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terdapat beberapa bentuk yang diterapkan seperti menjaga jarak, menjahuhi kerumunan, memakai masker, membatasi aktivitas sosial, shingga menimbulkan perubahan perilaku sosial pada masyarakat gampong Bakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menegetahui bentuk-bentuk penerapan kebijakan social distancing di gampong Bakat, kedua, untuk mengetahui perbedaan perilaku sosial masyarakat gampong Bakat sebelum dengan sesudah diterapkannya kebijakan social distancing, ketiga, untuk mengetahui pandangan masyarakat Gampong Bakat akan penerapan kebijakan social distancing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, informan penelitian berjumlah 16 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dari kebijakan social distancing di gampong Bakat adalah menjaga jarak, menghindari kerumunan, meniadakan aktivitas-aktivitas sosial yang mengundang keramaian, mencuci tangan dan memakai masker serta bekerja dan belajar dari rumah, membatalkan pelaksaan kenduri/pesta. Selain itu terdapat juga beberapa perbedaan perilaku sosial masyarakat sebelum dengan sesudah diterapkannya kebijakan social distancing, yaitu sebelum diterapkannya kebijakan social distancing masyarakat masih bebas berinteraksi dan bersilaturrahmi tanpa kendala dan batasan, namun selama diterapkannya kebijakan social distancing maka interaksi sosial dan silaturrahmi masyarakat serba terbatas. Selanjutnya terdapat beberapa pandangan masyarakat gampong Bakat terhadap penerapan kebijakan social distancing, yaitu: (1) kebijakan social distancing itu sangat penting untuk diterapkan selama masa pandemi, karena penerapan kebijakan social distancing merupakan salah satu cara untuk meminimalisir dan mencegah penularan Covid-19. (2) penerapan kebijakan social distancing sangat efektif diterapkan, karena dengan adanya penerapan kebijakan social distancing masyarakat membatasi jarak dan banyak kegiatan sosial yang ditiadakan, sehingga dapat terhindar dari penularan Covid-19. (3) selama penerapan kebijakan social distancing diberlakukan kerja dan belajar dari rumah, menurut pandangan informan hal tersebut kurang efektif dan tidak memberikan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Hanisah
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:12
Last Modified: 22 Dec 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24845

Actions (login required)

View Item
View Item