Strategi Bimbingan Orang Tua Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Sosial Media Pada Remaja Di Gampong Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang

Sulistiana, 180402064 (2022) Strategi Bimbingan Orang Tua Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Sosial Media Pada Remaja Di Gampong Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Bimbingan Orang Tua Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Sosial Media Pada Remaja Di Gampong Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang] Text (Strategi Bimbingan Orang Tua Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Sosial Media Pada Remaja Di Gampong Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang)
Sulistiana, 180402064, FDK, BKI, 082276192645.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bimbingan orang tua merupakan proses pemberian bantuan yang sifatnya psikologis yang diberikan orang tua kepada anaknya sehingga dapat membantu anak mengenali diri dan potensinya dalam mengatasi masalah hidupnya serta bertanggung jawab. Terdapat beberapa bentuk bimbingan yang dilakukan oleh orang tua yaitu pemberian nasehat, keteladanan, pembiasaan dan pengawasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bentuk strategi bimbingan orang tua dalam meminimalisir penyalahgunaan sosial media pada remaja di Gampong Bundar, kedua, untuk mengetahui efektivitas strategi bimbingan orang tua dalam meminimalisir penyalahgunaan sosial media pada remaja di Gampong Bundar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, informan penelitian berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bimbingan orang tua di gampong Bundar adalah memberikan nasehat, mengawasi anak, memberikan arahan-arahan, memberikan batasan-batasan serta membuat aturan-aturan. Pemberian bimbingan orang tua tergolong efektif, yaitu mampu meminimalisir penyalahgunaan sosial media pada remaja sehingga terdapat berbagai respon perubahan yang ditampilkan anak setelah diberikan bimbingan oleh orang tua, seperti mulai memanfaatkan sosial media sebagai sarana belajar, sudah mampu memanajemen diri sendiri dalam menggunakan sosial media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sulistiana Sulistiana
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:12
Last Modified: 22 Dec 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24847

Actions (login required)

View Item
View Item