Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh

Dinda Marhamah, 180213045 (2022) Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh] Text (Pendekatan Teknik Self-Management Dalam Konseling Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh)
Dinda Marhamah, 180213045, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Disiplin belajar merupakan sikap kepatuhan siswa untuk melaksanakan kewajiban belajar secara sadar sehingga diperoleh perubahan pada dirinya, baik itu berupa pengetahuan, perbuatan maupun sikap baik itu belajar di sekolah. Salah satu alternatif yang dapat mengatasi rendahnya kedisiplinan belajar, yaitu Self-management sebagai teknik perubahan tingkah laku atau kebiasaan dari sikap pemantauan diri, pengendalian rangsangan serta pemberian penghargaan pada diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa dengan menggunakan pendekatan teknik self-management dalam konseling perilaku. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest- Posttest Design. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa yang mengalami disiplin belajar. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII/2 SMPN 17 Banda Aceh. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Self-management dapat meningkatkan kedisplinan belajar dari hasil nilai t sebesar 22,336 dengan signifikan 0,000 yang berarti 0,00 < 0,05 jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan teknik self managment melalui konseling perilaku dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII/2 SMPN 17 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Dinda Marhamah Dinda
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:31
Last Modified: 26 Dec 2022 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24866

Actions (login required)

View Item
View Item