Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin Di Gampong Meunasah Mancang Kecamatan Tiro Pidie

Yanti Dewi, 180501063 (2022) Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin Di Gampong Meunasah Mancang Kecamatan Tiro Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin Di Gampong Meunasah Mancang Kecamatan Tiro Pidie] Text (Identifikasi Tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin Di Gampong Meunasah Mancang Kecamatan Tiro Pidie)
Yanti Dewi, 180501063, FAH, SKI, 082369143114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Teungku Chik Muhammad Amin merupakan seorang ulama asal Aceh keturunan dari Arab dan Yaman Selatan. Beliau juga merupakan seorang yang sangat gigih dalam membina masyarakat dalam ilmu agama Islam dan semangat perjuangan dalam melawan pasukan Belanda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang biografi Teungku Chik Muhammad Amin, identifikasi tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin, dan kondisi tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin. Metode ini menggunakan metode penelitian eksplikatif (eksplanatori) atau deskriptif, yaitu memberikan gambaran tentang data arkeologi yang ditemukan, baik dalam kerangka waktu, bentuk dan ruang serta menunjukkan hubungan antara variabel penelitian yang berbeda. Adapun tahap pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi langsung, wawancara, tinjauan pustaka dan dokumentasi di Gampong Mns. Mancang, Kecamatan Tiro/Truseb, Kabupaten Pidie. Setelah semua kegiatan tersebut dilakukan, maka data-data tersebut akan diuraikan dan dianalisis yang digunakan meliputi analisis morfologi, teknologi, dan stilistik. Hasil identifikasi terdapat beberapa tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin yaitu Zawiyah Cut atau balai pengajian, kolam lama atau tempat wudhu dan sumur tua. Dilihat dari kondisi tinggalan Teungku Chik Muhammad Amin saat ini, juga kurang mendapatkan perhatian dari pihak yang bersangkutan. Disarankan kepada pemerintah daerah Pidie dan pihak yang terkait agar dapat menjaga dan melestarikan tinggalan bersejarah ini sebagai warisan budaya masyarakat Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Yanti Dewi
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:52
Last Modified: 26 Dec 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item
View Item