Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar

Afita maulana, 261324580 (2017) Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang hasil belajar siswa]
Preview
Text (Membahas tentang hasil belajar siswa)
afita maulana pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan From D.pdf]
Preview
Text
Form B dan From D.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun secara eksternal. Penyebab yang memungkinkan rendahnya hasil belajar adalah kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru dan siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru serta aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih individual dari pada kelompok. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi SPLTV dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model MMP lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar (2) Untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Rancangan penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Al-Mubarkeya dan sampel diambil secara Cluster Random Sampling yaitu kelas X RPL sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan data statistik inferensial melalui uji normalitas data dan uji homogenitas varians data uji t. Sedangkan data respon siswa dilakukan melalui analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu 2,95 > 1,67. Respon siswa dengan skor rata-rata 3,25. Disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi SPLTV yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dan respon siswa sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M. Pd 2. Kamarullah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Missouri Mathematics Project
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar > 512.9 Dasar-dasar Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Afita Maulana
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:49
Last Modified: 15 Feb 2018 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item
View Item