Adab Berinteraksi Dengan Alquran Di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kabupaten Aceh Besar

Yuli Sumarni, 160303072 (2022) Adab Berinteraksi Dengan Alquran Di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Adab Berinteraksi Dengan Alquran Di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kabupaten Aceh Besar] Text (Adab Berinteraksi Dengan Alquran Di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kabupaten Aceh Besar)
Yuli Sumarni. 160303072, FUF, IAT, 085260020118.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Adab Berinteraksi dengan Alquran adalah norma, tata cara, budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam dalam berinteraksi dengan kalam Allah agar dapat mengetahui dan mendekatkan diri kepada Allah. Menerapkan adab-adab berinteraksi dengan Alquran yang sesuai dengan ajaran menandakan bukti kecintaan dan penghormatan terhadap Alquran. Namun, masih ada anggapan bahwa adab dalam berinteraksi dengan Alquran ini dianggap berlebihan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para pengajar dan santri serta implementasi adab berinteraksi dengan Alquran di Pondok Pesantren Sulaimaniyah, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif dan data penelitian akan disajikan dengan cara analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa seluruh narasumber menganggap bahwa dalam berinteraksi dengan Alquran harus dengan adab. Adab-adab berinteraksi terhadap Alquran diperoleh melalui proses belajar yang bersumber dari Syeikh Suleyman Hilmi Tunahan. Bentuk implementasi adab terhadap Alquran diantaranya adalah: 1). harus dalam keadaan suci dan menggunakan tangan kanan, 2). Menjaga posisi Alquran sejajar dengan dada, 3). Dianjurkan untuk membaca surah al-Fatihah ketika akan memulai membaca Alquran, 4). Tidak meletakkan Alquran bersama dengan buku-buku lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Yuli Sumarni
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:54
Last Modified: 26 Dec 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item
View Item