Peran Pemerintah Nagan Raya Dalam Penanggulangan Pertambangan Liar Di Kawasan Gunong Kila Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya

Naufal Akram, 180802033 (2022) Peran Pemerintah Nagan Raya Dalam Penanggulangan Pertambangan Liar Di Kawasan Gunong Kila Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pemerintah Nagan Raya Dalam Penanggulangan Pertambangan Liar] Text (Peran Pemerintah Nagan Raya Dalam Penanggulangan Pertambangan Liar)
Naufal Akram, 180802033, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pertambangan tanpa izin merupakan suatu tindakan kriminal yang sangat merugikan negara dan dampak daripada pertambangan liar ini sangat tidak baik bagi lingkungan dan pengelolaan terhadap lingkungan hasil dari pasca pertambangan. Maka dari itu peran dari pada pemerintah sangat diperlukan terkait penanganan, pengawasan, penanggulangan, serta pengelolaan terhadap pertambangan liar dan lingkungan hidup pada wilayah administratifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bentuk penanganan pertambangan liar di Kawasan Gunong Kila Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya dan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana tantangan dan hambatan yang dilakukan oleh pemerintah Nagan Raya dalam menanggulangi pertambangan liar di Kawasan Gunong Kila Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen dan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran pemerintah Nagan Raya dalam melakukan penanggulangan pertambangan liar di kawasan Gunong Kila sebagai regulator mengacu pada ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku, peran pemerintah sebagai fasilitator memberikan wadah kepada masyarakat dalam menampung segala bentuk aspirasi juga terkait dengan pertambangan tanpa izin, peran pemerintah sebagai dinamisator sudah melakukan pergerakan terhadap pertambangan liar pada kawasan Gunong Kila yang berbentuk advokasi terkait aspirasi yang telah diajukan oleh masyarakat dan tata ruang kawasan terjadinya pertambangan liar secara umum kepada Pemerintah Provinsi. Dapat disimpulkan bahwa lemahnya peran yang dimainkan oleh Pemerintah Nagan Raya Sebagai Aktor utama dalam penanggulangan pertambangan liar di kawasan Gunong Kila tidak memberikan efek positif bagi pencegahan yang terjadi akibat Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di kawasan Gunong Kila Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Naufal Akram Naufal
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:08
Last Modified: 26 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item
View Item