“Analisis Tarif Dan Non-Tarif Pada Sektor Ekspor Hasil Ikan Tuna Menurut Perspektif Ekonomi Syariah” (Kajian di Kota Banda Aceh)

Fara Hafiza Arini, 190602175 (2022) “Analisis Tarif Dan Non-Tarif Pada Sektor Ekspor Hasil Ikan Tuna Menurut Perspektif Ekonomi Syariah” (Kajian di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ekonomi Islam] Text (Ekonomi Islam)
Fara Hafiza Arini, 190602175, FEBI, ES, 082362988124.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor produk perikanan ke berbagai negara untuk mendapatkan penambahan devisa negara. Dalam proses ekspor sumberdaya perikanan Indonesia ke negara-negara tujuan biasanya ditemukan dua hambatan yang berdampak pada proses ekspor, yaitu hambatan tarif dan non-tarif. Hambatan tersebut terjadi karena adanya perbedaan regulasi antara negara penjual dan pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan sistem ekspor produk ikan tuna pada beberapa perusahaan di kota Banda Aceh, serta melihat bagaimana pandangan Islam terhadap tata Kelola ekspor perikanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berdasarkan key informan melalui wawancara dengan eksportir perusahaan ikan tuna di kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan eksportir ikan tuna di kota Banda Aceh masih ditemui sejumlah kesulitan dalam memenuhi standar dan aturan yang ditetapkan di negara tujuan ekspor pada negara bagian Uni Eropa dan Uni Emirat Arab dibandingkan dengan negara Jepang, Singapore, Malaysia dan U.S.A. Sistem ekspor perikanan tidak menggunakan mekanisme tarif tetapi menggunakan sistem non-tarif. Dalam pandangan Islam perdagangan internasional telah kerap dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam juga menetapkan usyur (bea cukai/pajak) bagi pedagang yang masuk ke dalam wilayah teritorial Islam sebesar 5-10%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fara Hafiza Arini Fara
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:35
Last Modified: 28 Dec 2022 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item
View Item